Pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2018 Departemen Keanggotaan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Berlin mengadakan seminar kedua dari seri 3 seminar yang bertahuk Life 101: Seminars by PPI Berlin. Dalam 3 seminar ini akan dibahas “basic student life knowledge”, mulai dari manajemen waktu, hingga strategi dalam membangun networking.

Mahasiswa dan calon mahasiswa seringkali memiliki berbagai aktivitas meliputi kegiatan pribadinya, pendidikan, sosial, dan mencari penghasilan tambahan dengan bekerja. Dalam keseharian seorang mahasiswa, waktu, tenaga, dan pikirannya seringkali terbagi-bagi. Untuk menjalani hal tersebut, tidak hanya diperlukan kesiapan fisik, namun juga mental. Terlebih dalam lingkungan asing dan berbeda.

Seminar kedua kita yang berjudul “Abroad Students’ Psychological Challenges and How to Manage Them” diselenggarakan untuk memberikan mahasiswa dan calon mahasiswa pandangan mengenai bagaimana tekanan dalam kehidupan sehari-hari tersebut bisa berdampak pada kesehatan mental mahasiswa, khususnya mahasiswa yang sedang menjalani studinya di luar negeri. Seminar ini juga bertujuan untuk memberikan arahan, bagaimana mengelola mental atau kondisi psikologis masing-masing.

Seminar kedua ini diisi oleh mahasiswa Indonesia yang menempuh program studi master social and organizational pyschology di Humboldt Universität zu Berlin, Mike Lovihan. Mahasiswa dan calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Berlin dan sekitarnya datang untuk mengikuti seminar yang diadakan di Hauptgebäude TU Berlin ini.

Mike Lovihan tidak hanya membawakan materi yang sangat berguna untuk para peserta, namun juga memberikan kesempatan kepada para peserta seminar untuk mengajukan pertanyaan seputar psikologis dan kesehatan mental mahasiswa-mahasiswi yang menjalani studinya di luar negeri. Waktu puasa dan hangatnya musim panas tidak mengurangi antusiasme pengisi maupun para peserta untuk berdiskusi lebih lanjut setelah selesainya sesi materi.

Kami berharap ilmu yang disampaikan oleh pengisi bisa bermanfaat untuk seluruh peserta yang telah datang ke seminar ini. Sampai jumpa di seminar berikutnya!