//Eureka Talks! #23 – Penanganan Sampah: Masalah atau Solusi untuk Indonesia?

Eureka Talks! #23 – Penanganan Sampah: Masalah atau Solusi untuk Indonesia?

Pada hari Jumat tanggal 5 April Perhimpunan Pelajar Indonesia Berlin-Brandenburg kembali menghadirkan Eureka Talks! yang kali ini mencapai seri yang kedua puluh tiga. Acara ini diadakan di kampus Techinache Universität Berlin.

Sampah sudah menjadi bagian dari kehidupan modern. Setiap hari kita memproduksi banyak sekali sampah. Sudah seharusnya kalau sampah tidak sekedar dibuang, namun harus diolah dan dikelola sesuai dengan prosedur, atau bahkan dimanfaatkan. Akan tetapi pada kenyataannya pengelolaan dan pengolahan sampah dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia, masih belum ideal.

Eureka Talks! kali ini mengangkat tema yang selalu relevan untuk kehidupan kita sehari-hari di mana pun, khususnya di Indonesia. Untuk itu, kami mengajak Kenjiro Siburian, seorang ahli dalam manajemen sampah, untuk mengisi Eureka Talks! kali ini.

Hari itu banyak anak muda yang hadir, menunjukkan bahwa sebenarnya sudah banyak anak muda yang memiliki kesadaran tentang betapa pentingnya pengelolaan sampah. Acara dimulai dengan survey live interaktif untuk menggali lebih jauh seberapa dalam wawasan para peserta tentang pengelolaan sampah dan bagaimana mengklasifikasi berbagai jenis sampah.

Setelah itu kenjiro menunjukkan tentang kenyataan di Indonesia saat ini. Ternyata, kurangnya manajemen sampah yang baik sudah berdampak kepada lingkungan kita. Banyak saywa yang menderita karena sampah manusia.

Setelah itu Kenjiro mulai membagi informasi tentang bagaimana mengelola sampah yang baik dan benar. Tentunya hal yang pertuma adalah bagaimana mengklasifikasi berbagai jenis sampah dengan tepat. Setelah itu sampah sesuai dengan jenisnya memiliki cara pengolahan yang berbeda. Begitu juga dengan limbahnya. Tidak berhenti sampai di situ, hal yang paling baik untuk dilakukan adalah bagimana mendaur ulang dan mengelolan sampah untuk bisa kembali digunakan sebagai bahan dasar suatu produk. Satu hal yang sekali lagi ditekankan adalah bagaimana membentuk sebuah kebiasaan yang baik dalam mengelola sampah sehari-hari secara personal.

Acara ini juga diselingi dengan games menyortir sampah sesuai jenisnya. Para peserta harus berlomba untuk memilah sampah sesuai jenisnya.

Sepanjang acara para peserta menanyakan berbagai hal untuk mencari solusi untuk permasalah sampah sehari-hari maupun skala besar.

PPI Berlin-Brandenburg berharap agar acara ini bermanfaat dan dapat memicu para peserta untuk menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah.